Menulis Karya Ilmiah Vs Menulis Blog

Beberapa bulan terakhir ini online hanya melihat blog tapi belum mencurahkan ide dan inspirasi kedalamnya. Menulis karya ilmiah sangat menyita perhatianku. Saat ide-ide untuk menulis di blog muncul harus ku abaikan karena harus fokus menulis karya ilmiah. Andai saja ide menulis karya ilmiah lancar seperti lancarnya ide menulis di blog.

Banyak hal yang berbeda antara menulis karya ilmiah dan menulis blog.
Berbicara tentang karya ilmiah, terpikir mengenai tulisan yang resmi. Kata Wikipedia, Karya Ilmiah adalah "Laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan". Jadi ketika menulis karya ilmiah memang benar-benar harus dipikirkan karena ini juga dipublikasikan secara resmi. Belum lagi ada beberapa dosen pembimbing yang menilai tulisan kita sudah layak atau belum.
Beda halnya dengan di blog, mereka sama-sama dipublikasikan tapi terkadang kalau di blog tidak secara resmi. Misalnya ini blog pribadi, kita sendiri sebagai penilai tulisan kita siap atau tidak untuk diterbitkan dalam blog kita. Tapi intinya adalah 22-nya melatih kita untuk menulis.
Tapi alhamdulillah, masa menulis karya ilmiah selesai.
Hayooo saatnya untu menuangkan ide-ide yang tadinya terpendam.

Semangat Menulis.. (^_^)v

Posting Komentar

0 Komentar