Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SOAL MID MATEMATIKA KELAS X (GENAP)

Iseng-iseng setiap soal di upload ke Blog ini.
Kalaupun ada kesalahan dalam pembuatan soal maupun pengetikan soal, harap maklum ^_^
Semoga bisa bermanfaat !!

SOAL MIS MATEMATIKA KELAS X (Genap)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Soal MID Matematika Kelas XI IPA

Saatnya untuk MID semester. Postingan kali ini saya akan memposting mengenai soal yang dijadikan soal MID semester di sekolah tempat saya mengajar. Soal ini saya ambil dari beberapa sumber bank soal yang ada di Buku maupun Internet.
Semoga bisa bermanfaat...

Soal MID Matematika XI IPA

#Sambil ngawas TO
08.20

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

JAMBORE PEMUDA INDONESIA 2012

Catatan blog kali ini aku ingin berbagi sedikit mengenai jambore yang telah ku ikuti.

JAMBORE PEMUDA INDONESIA - ASEAN (JPI-A) Tahun 2012

Alhmdulillah kegiatan ini 4 bulan berlalu, tapi meninggalkan kenangan yang mendalam. Aku tak pernah menyangka akan terpilih menjadi salah satu peserta yang mewakili propinsiku yaitu Provinsi Kep. Bangka Belitung (BABEL) ke Jambore Pemuda Indonesia - Asean Tahun 2012. Pemilihan pemuda ini berdasarkan hasil dari Jambore Pemuda Daerah yang diselenggarakan pada tanggal 8-14 juli 2012 di Makorem Garuda Jaya Prov. Kep. Bangka Belitung. Dari BABEL dipilih 14 pemuda/i yang mengikuti JPI-A. Kegiatan ini diselenggarakan di kota Palu, Sulawesi Selatan. Sebelum diberangkatkan ke Palu, peserta diberikan pembekalan. Pembekalan peserta JPI-Asean dilaksanakan di hotel Aksi kota Pangkal pinang. Selama 3 hari, peserta JPI-A mempersiapkan kelengkapan yang akan ditampilkan selama JPI-A berlangsung. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan peserta selama pembekalan yaitu, pelatihan fisik, pelatihan keterampilan seni dan budaya. Selama pembekalan juga dipilih duta wisata BABEL. Pemilihan ini berdasarkan pilihan dari pendamping yang mendampingi peserta, Tugas yang akan di emban oleh duta wisata yang dipilih adalah mempromosikan BABEL dikancah JPI-A dan juga mengikuti kegiatan promosi pariwisata dari propinsi Sulawesi TengahBerangkaaaat ke PALUUUU....!!!

Peserta wakil bangka belitung berangkat menuju tempat JPI-A tanggal 26 Oktober 2012 pukul 09.30 WIB. Keberangkatan kontingen asal BABEL dilepas oleh Kabid Kelembagaan Kewirausahaan Pemuda kepulauan Bangka Belitung. Kontingen dari BABEL yang berangkat sejumlah 18 orang yang terdiri dari 14 peserta pemuda, 2 pendamping yang berasal dari Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) BABEL dan juga 2 wakil dari Dispora.
Kontingen asal BABEL tiba di Bandara Mutiara, Palu, Sulawesi Tengah langsung di sambut oleh pemerintah daerah setempat. Kemudian utusan BABEL langsung di antar ke STQ bukit Jabal Nur. Kontingen dari BABEL menempati anjungan-anjungan yang ada di STQ. Peserta putri menempati anjungan Prov BABEL dan anjungan yang ditemapati Putra adalah anjungan Sulawesi Selatan. Setelah menempati anjungan, acara di lanjutkan dengan acara makan malam bersama wakil Gubernur Sulawesi Tengah.


Pembukaan JPI-A dibuka pada tanggal 28 oktober 2012 serentak dengan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda (HSP) yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Pelaksanaan upacara HSP dimulai pada pukul 16.00 WITA. Upacara ini diawali dengan acara parade kontingen dari tiap-tiap utusan yang ada di JPI-A. Kemudian adanya atraksi dari pemuda-pemudi Sulawesi Tengah yang menampilkan teater masal tentang pergerakan pemuda pada peristiwa Sumpah Pemuda. Tidak hanya itu, setelah acara pembukaan HSP dan JPI, Menpora mengunjungi Stand-stand pameran yang ada dipelataran lapangan STQ Bukit Jabal Nur. Kemudian acara dilanjutkan dengan Ramah-tamah dengan Kemenpora di kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Acara hanya dihadiri 5 orang perwakilan tiap-tiap propinsi dan juga negara tetangga. Dalam acara ramah tamah, acara meliputi, makan malam bersama Menpora, penampilan Tarian dari sanggar seni perwakilan propinsi Sulawesi Tengah, dan penandatanganan kesepakatan Duta Wisata tiap-tiap perwakilan untuk pengenbangan pariwisata.Berbicara mengenai pariwisata, Duta Wisata masing-masing kontingen JPI-A berkesempatan untuk wisata ke tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah dan juga wisata kuliner. Untuk mengenal wisata yang ada di Sulawesi Tengah, diadakan tracking ke Bukit Jabal Nur yang letaknya tidak jauh dari lokasi JPI. Selain itu ada juga Outbond Nusantara mengenal lingkungan sekitar STQ Bukit Jabal Nur. Pada pelaksanaan Outbond dan Tracking peserta dibagi atas beberapa kelompok. Di dalam kelompok tersebut diacak sehingga dalam masing-masing kelompok terdapat peserta dari tiap propinsi yang berbeda. Ini bertujuan agar terjalinnya silaturrahmi antar peserta JPI-A. Selain kegiatan wisata, kegiatan yang di ikuti pemuda adanya seminar dan workshop. Adapun seminar yang diikuti ada seminar 4 pilar kebangsaan, pengembangan karakter pemuda di indonesia, membangun jiwa kewirausahaan pemuda dan bahaya pornografi di media televisi. Sedangkan kegiatan workshop yang diikuti yaitu workshop wirausaha, workshop karakter, workshop tanggap bencana dan workshop senibudaya. Pengenalan seni dan budaya tidak hanya melalui workshop. Pengenalan seni budaya dari berbagai propinsi di Indonesia. Masing-masing propinsi menampilkan kesenian daerahnya. Kontingen asal BABEL menampilkan tari kreasi Bujang Katak dikombinasikan dengan tari campak khas Bangka Belitong. Selain menampilkan tarian, kontingen BABEL menyanyikan lagu Laskar Pelangi yang menjadi soundtrack film Laskar Pelangi.Pelaksanaan JPI-A tentunya sangat menguras tenaga dan pikiran peserta, Untuk meningkatkan kebugaran peserta kontingen, tiap pagi selama pelaksanaan diadakan olahraga senam pagi. Senam pagi dilaksanakan pukul 05.00-06.00 WITA di lapangan STQ Bukit Jabal Nur dan dipimpin oleh instruktur senam dari Yayasan Jantung Sehat (YJS) . Tidak hanya instruktur senam dari YJS yang tampil untuk menjadi instruktur, akan tetapi beberapa kontingen dari berbagai propinsi pun unjuk kebolehan untuk memperagakan senam asal daerahnya masing-masing. pelaksanaan senam paggi selalu adanya senam Gangnam Style, dimana para peserta menirukan gerakan gangnam yang sedang heboh di kalangan pemuda. Selain itu, ada di adalkan olahraga tradisional. Olahraga tradisional ini dipertandingkan antar kelompok. Kelompok yang ada bersifat heterogen, yang berasal dari kontingen masing-masing proponsi. setiap kontingen di utus hanya 8 orang yang mengikuti kegiatan olahraga tradisional. Adapun olahraga yang dipertandingkan adalah olahraga Engrang, Bakiak dan Balok bersusun. Sesuai dengan tujuan kegiatan JPI-A, meningkatakan kesadaran dan rasa cinta air melalui kegiatan penghijauan dan peduli lingkungan hidup. Peserta JPI-A melakukan penghijauan yang langsung dipandu oleh MENPORA. Setiap peserta wajib menanam satu pohon di area STQ Bukit Jabal Nur.

hmmm... benar-benar pengalaman yang tak terlupakan... untuk kali ini sekian dulu.
Nanti akan sambung lagi cerita mengenai pengalamanku di JPI.

Note:
kelas XII IPS A (11.30 WIB)
#Sambil Ngawas TO

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kompetensi dan Karakter

Hari ini membaca beberapa berita tentang pendidikan diantaranya
Dari berita tersebut menegaskan bahwa ada 95 % PNS tak memiliki kompetensi. Berita pada media berikutnya, adanya oknum yang meminta pungutan untuk bayaran agar guru bisa lulus dalam kompetensi. Apakah ini bisa dibilang sebagai korupsi..? Jika iya, sungguh ironis sekali tindakan ini dilakukan oleh lingkungan pendidikan. Apalagi lingkungan ini yang bertugas untuk mengembangkan generasi penerus bangsa. Tapi apa jadinya anak didik jika para pendidik dan para pekerja di lingkungan pendidikan terus dibiarkan seperti ini. Padahal dilingkungan pendidikan mencanangkan pendidikan berkarakter. Saya berpikir ada kaitannya dari ketidakkompeten para PNS ini terhadap tindakan yang dilakukan.
Apa pendapat anda..??

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Menulis Karya Ilmiah Vs Menulis Blog

Beberapa bulan terakhir ini online hanya melihat blog tapi belum mencurahkan ide dan inspirasi kedalamnya. Menulis karya ilmiah sangat menyita perhatianku. Saat ide-ide untuk menulis di blog muncul harus ku abaikan karena harus fokus menulis karya ilmiah. Andai saja ide menulis karya ilmiah lancar seperti lancarnya ide menulis di blog.

Banyak hal yang berbeda antara menulis karya ilmiah dan menulis blog.
Berbicara tentang karya ilmiah, terpikir mengenai tulisan yang resmi. Kata Wikipedia, Karya Ilmiah adalah "Laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan". Jadi ketika menulis karya ilmiah memang benar-benar harus dipikirkan karena ini juga dipublikasikan secara resmi. Belum lagi ada beberapa dosen pembimbing yang menilai tulisan kita sudah layak atau belum.
Beda halnya dengan di blog, mereka sama-sama dipublikasikan tapi terkadang kalau di blog tidak secara resmi. Misalnya ini blog pribadi, kita sendiri sebagai penilai tulisan kita siap atau tidak untuk diterbitkan dalam blog kita. Tapi intinya adalah 22-nya melatih kita untuk menulis.
Tapi alhamdulillah, masa menulis karya ilmiah selesai.
Hayooo saatnya untu menuangkan ide-ide yang tadinya terpendam.

Semangat Menulis.. (^_^)v

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berapa Kali Ganti Tipe HP...???

Nampaknya Handphone alias HP sudah tak asing di zaman sekarang ini. Liat anak SD jaman sekarang aja udah pake HP. Nenek-nenek & Kakek-kakek juga gak kalah, bawa HP kemana-mana di gantungkan di leher dengan tali HP. Bener-bener dah teknologi sekarang sudah makin canggih dan masuk kesegala usia.

PERTAMA KALI PUNYA HP
Maklum di tempat tinggalku yang terpencil, jadi masuk sinyal HP sekitar tahun 2002. dan diriku punya HP kelas 3 SMA berarti itu tahun 2005. Yang lagi trend waktu itu adalah HP NOKIA 6600, tapi coba sekarang gak laku tuch NOKIA 6600 harganya udah turun. Munculnya produk-produk baru dengan harga yang murah membuat HP jadul semakin tersaingi.  Hp pertama yang dimiliki yaitu HP NOKIA tipe 8810. Tapi hanya bertahan 1 bulan, karena waktu itu belinya yang second yach gitu dech... rusak dan akhirnya di jual kembali...


Setelah rusak yang pertama minta belikan lagi yang baru dari ORTU, tukar tambah c ceritanya mah.. Mau beli 6600 tapi muhal banget. jadi beli NOKIA 3100. dan msih ingat waktu itu harganya 1,1 juta.
Banyak kenangan pake HP tipe ini. yang paling disuka adalah nada dering/sms nya pake "Hat Dance". HP ini HP yang paling lama bertahan. dari 2005 - 2007.  Ini HP yang paling di sayang. Bener juga gak boleh terlalu sayang pada sesuatu, eh akhirnya hilang. Temanku yang menghilangkannya, dan ketika dia pinjem HP setelah itu kene hipnotis oleh pencuri. Yach.. mau marah gak bisa, karena dia juga ditimpa musibah. sudahlah...
Baiknya HP ku di ganti oleh dia. dengan HP tipe yang sama 3100. :)
Memang bukan ganti dengan yang baru, tapi lumayan lah untuk sms/nelp. he..he..


Karena semakin canggih teknologi HP, jadi minat dengan Hp yang punya camera. Tahun 2008, beli HP camera tipe SE k530i. dan HP ini masih awet sampai sekarang. Walau casingnya sudah gak mulus seperti baru. Sempat beli HP NOKIA tipe 1200 untuk cadangan karena pakai 2 nomer, tapi berakhir dengan hilang gara-gara kecerobohan. gara-gara hilang dikasih oleh Bapakku HP tipe 1650.
Kalau di hitung-hitung sudah berapa kali ganti HP y...??? 1, 2, 3, 4, 5....
Lumayanlah baru 5 kali.
Ada gak ya orang yang belum pernah ganti HP sama sekali...???
Kalau teman-teman yang baca tulisan ini sudah berapa kali ganti tipe HP...??

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Singkatan Salam pada SMS yang tak wajar...

Pernahkah kalian menyingkat kata "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..."
Biasanya menyingkat salam itu ketika menulis SMS. 
Ribet juga c kalau di tulis sepanjang itu terbuang karakter berapa banyak tuch.... Tapi hayo perhatikan singkatan apa yg sering diigunakan...?? "Asw". "Www", "Ass", atau yang lainnya...??

Kali ini saya baru saja tersentak dengan kata itu yang sudah biasa di tulis orang kepada saya atau sebalikknya saya menuliskan kepada orang lain. Kata singkatan yang sering kita gunakan untuk menyingkat sesuatu, tanpa kita sadari ternyata bisa di tanggapi berbeda oleh orang lain.

Barusan saya membaca di FB ada teman yang protes ketika sesorang yang mengucapkan salam dengan singkatan "Ass". (hayooo seberapa sering kalin menggunakan kata ini...??)
Sejenak saya berpikir.. Emang ada yang salahkah dengan kata ini..?? mungkin karena itu sudah kebiasaan sehingga wajar2 saja.

Mungkin ini karena english ku yang kurang bagus dan kosakata yang belum terlalu banyak dipahami. Sehingga saya tidak terlalu memperhatikan singkatan yang ditulis.
Cobe cek Kamus B.Inggris...
Astagfirullah... ampuni hamba y Allah...
Arti yang menurutku itu tidak pantas dan berbeda dengan arti yang salam yang kita inginkan...Yuks mari kita bisakan menulis salam di SMS dengan kata-kata yang lebih pantas.
Agar tak mengurangi pahala kita dalam mengucapkan salam...

#mohon maaf kalau ada kata yang salah.(^_^)v

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS